Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan Semakin Dekat.

Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan.

Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan merupakan salah satu visi dari Pemerintah Daerah Kota Metro yang selalu di upayakan. Visi Pemerintah Kota Metro yaitu menjadikan Kota Metro sebagai Kota Pendidikan yang unggul dan masyarakat yang sejahtera. Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam perhitungan Indeks  pembangunan manusia (IPM).  Dengan menggunakan indeks ini maka dapat di ukur keberhasilan sebuah daerah dalam membangun kualitas hidup masyarakat. Selain itu indeks ini akan menjadi data untuk pemerintah dalam menentukan kebijakan untuk pembangunan daerahnya. Untuk pencapaian IPM ini, IPM Kota Metro menduduki urutan kedua setelah Bandar lampung yang merupakan IPM tertinggi di Provinsi Lampung. Sehingga hal ini membuat Kota Metro terus berbenah dan memperbaiki Kualitas pendidikan yang unggul.


Kota Metro Sebagai Kota pendidikan sangat di dukung oleh kehidupan penduduknya yang mempunyai latar belakang suku dan budaya beraneka ragam seperti suku lampung, suku jawa, suku minang, suku batak, dll. selain itu kota metro sebagai kota pendidikan memiliki banyak fasilitas pendidikan yang memadai dan segudang prestasi yang dapat di banggakan. Kondusi keamanan kondusif, biaya yang sangat murah serta keramahan dan kehangatan penduduknya menjadikan daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk menjadikan kota metro sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Pada saat ini metro memiliki 13 perguruan tinggi baik negeri dan swasta dan ratusan sekolah dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah menengah keatas serta kota metro memiliki banyak tempat pendidikan non formal lainnya. Untuk itu pemerintah daerah kota metro menyediakan sebuah perpustakaan daerah sebagai penunjang dalam upaya menjadikan kota metro sebagai kota pendidikan. Perpustakaan ini berada pada tempat yang strategis yaitu berada tempat ditengah kota. Hal ini diharapkan membuat perpustakaan kota metro mudah untuk di jangkau oleh pelajar, mahasiswa maupun masyarakat yang ingin mendapatkan sumber pustaka maupun refrensi bacaan. dengan berbagai macam fasilitas pendidikan yang ada dan kondisi masyarakat yang kondusif hal ini membuat kota metro menjadi magnet tersendiri bagi pelajar dan mahasiswa. Ini membuat pembauran budaya dan membuat budaya metro semakin berkembang. dengan kedatangan para pelajar atau penduduk yang ingin mengenyam pendidikan di kota metro membuat pertumbuhan usaha di kota metro juga ikut berkembang. dimana banyak dari warga metro yang mulai membuat usaha seperti kost-kostan, tempat fotocopy, rumah makan, dll. secara tidak langsung visi dan misi pemerintah kota metro ini dapat menunjang indeks IPM yang lain. Sehingga hal ini juga dapat memperbaiki kualitas hidup penduduk metro

Peranan Dinas Pendidikan Kota Metro. 

Untuk mendukung visi dan misi strategis Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan maka Dinas Pendidikan Kota Metro sebagai penanggung jawabnya juga terus melakukan inovasi dan kebijakan yang dapat mendukung perkembangan Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan. Atas dasar visi strategis Pemerintah Daerah Kota Metro tersebut maka DInas Pendidikan Kota Metro membuat kerangka kerja untuk mencapai tujuan itu. Misi Dinas Pendidikan Kota Metro adalah mewujudkan pendidikan yang berkualitas yang berakar pada budaya dan akhlak mulia. Mewujudkan pendidikan berwawasan global berbasis pada teknologi informasi dan mewujudkan layanan prima pendidikan.

Berdasarkan dari uraian diatas dapat terlihat bahwa keseriusan Pemerintah Daerah Kota Metro dalam upaya menjadikan Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan. karena Pemerintah Daerah menyadari bahwa dengan meningkatkan kualitas pendidikan akan menciptakan kepribadian yang baik dan berakhlak mulia. dengan pendidikan yang berkualitas juga menciptakan generasi yang berkualitas dan dapat bersaing. namun semua tidak hanya bisa di kerjakan secara sendiri. masyarakat juga harus memiliki peran dalam membantu dan mengembangkan visi dan misi strategis Pemerintah Daerah Kota Metro yang ingin menjadikan Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan.

Terima Kasih

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Singkat Kota Metro

SMA Negeri 1 Kota Metro