SMA Negeri 1 Kota Metro

Cikal Bakal SMA Negeri 1 Kota Metro

SMA Negeri 1 Metro (SMANSA) adalah SMA yang tertua di kota Metro. Lokasi SMANSA berada di jalan AH Nasution 222, Yosodadi, Metro Timur. Sebelum bernama SMA Negeri 1 Kota metro, SMA ini memiliki nama SMA Persiapan Negeri Metro, kemudian berubah menhadi  SMA Negeri Metro, sampai sekolah menengah atas lainnya dan akhirnya menjadi SMA Negeri 1 Metro.

SMA Negeri 1 mulai di bangun pada tahun 1959 dengan jumlah siswa 35 orang. kegiatan belajar mengajar di adakan pada sore hari. SMA Persiapan Negeri Metro (SMANSA) dibangun atas keinginan masyarakat Metro dan Pemda Lampung Tengah (pada saat itu Kota metro masih tergabung dengan kabupaten lampung tengah).
Baca Juga | Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan
Kemudian pada tahun 1960 kegiatan belajar di pindahkan ke Sekolah Cina (bangunan tersebut digunakan untuk SPG Negeri 1 Metro pada tahun 1970-an).Nama SMA Persiapan Negeri Metro berubah  menjadi SMA Negeri Metro berdasarkan Surat Keputusan Kepala Jakarta pusat bagian kursus Nomor 27/SK/B-III/1959 pada tanggal 11 Juni 1959.

Dengan adanya  perubahan status tersebut, juga di lakukan perubahan jabatan kepala sekolah dari R. Mulyodiharjo menjadi Siradjudin Djahidin.

Perkembangan SMA Negeri 1 Metro

SMA Negeri Metro terus berupaya untuk memiliki gedung sekolah sendiri .dan pada tahun 1962, berhasil dibangun sebuah gedung sekolah yang di peroleh dari hasil gotong-royong masyarakat. Bangunan tersebut memiliki beberapa fasilitas yang terdiri dari 8 ruang belajar dan juga terdapat ruang Tata Usaha, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang tamu dan ruang yang berfungsi sebagai gudang.

Selain itu  dibangun juga sebuah unit perumahan untuk guru dan staff Tata Usaha. Lokasi tersebut terletak di Jalan AH Nasution 222, Yosodadi, Metro Timur seluas ± 20.000 m. Kemudian SMA Negeri Metro pindah ke bangunan baru ini pada tahun 1963.

Lulusan Pertama SMA Negeri 1 Metro

Pada tahun 1961 SMA Negeri 1 Metro melaksanakan ujian untuk pertama kali. Lulusan pertama kali SMA ini sebanyak 10 orang. Hingga 2009 sudah menghasilkan 50 angkatan dengan jumlah kurang lebih 8800 alumni. pada tahun pelajaran 2001-2002 siswa SMA Negeri  4 sempat menempati gedung SMA Negeri 1 Metro bersama-sama.

SMA Negeri 1 Metro telah resmi berstandar internasional sejak tahun 2006. Berbagai prestasi telah di capai oleh Sekolah negeri ini. Bahkan untuk saat ini, SMA Negeri 1 merupakan SMA terbaik di kota metro.



Popular posts from this blog

Sejarah Singkat Kota Metro

Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan Semakin Dekat.