Mengenal Kembali Kota Metro Dan Kehidupannya


Mengenal kembali Kota Metro
Mengenal Kembali Kota Metro
Mengenal Kembali Kota Metro menjadi suatu kalimat yang harus ditanamkan di generasi muda Kota Metro. karena pada saat ini banyak generasi muda Kota Metro yang tak memahani tentang Sejarah Kota Metro. Kota metro memiliki sejarah yang sangat panjang dan merupakan sebuah kota yang dibentuk oleh kolonial belanda. Kota metro juga merupakan kota besar dan terpenting nomor dua di provinsi Lampung. Biar pun demikian tingkat biaya hidup di kota ini tergolong murah bahkan pada tahun 2015 yang lalu kota metro masuk dalam urutan ke 9 sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Dan pada urutan pertama di pulau sumatera Kota metro berjarak 52 km dari Bandar lampung. Dan menurut sensus penduduk pada tahun 2016 penduduk kota metro berjumlah 160.729 jiwa dengan luas wilayah 68.74m2. kota metro sendiri dibentuk berdasarkan undang-undang No. 12 tahun 1999 dan diresmikan pada tanggal 27 april 1999/ Untuk saat ini Kota Metro di bagi menjadi 5 kecamatan dan 22 Kelurahan.  Kota metro memiliki karakteristik tanah yang relatif datar dan tekstur tanah liat berdebu dan tanah merah berpasir. 


Penduduk metro merupakan penduduk yang sangat majemuk namun kehidupan masyarakat sangatlah rukun dan hangat. Mayoritas agama yang di anut oleh penduduk metro adalah islam dan terdapat agama lain seper Kristen, katolik, hindu, budha dan konghucu. Sedangkan sukupun sangat majemuk. Terdapat suku lampung, batak, padang dan lain-lain. Namun mayoritas adalah dari suku jawa. namun kemajemukan ini sudah tidak terlihat lagi. Karena kemajemukan dan perbedaan ini tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk berbaur. didalam Sejarah Kota metro tidak pernah tidak pernah terjadi bentrokan antar suku dan agama. karena penduduk di kota ini sudah sangat menyatu dan tidak menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang membuat menjadi tak bisa bersatu Untuk penggunaan bahasa di kota metro menggunakan banyak bahasa diantaranya bahasa lampung, bahasa jawa, bahasa minang, bahasa Indonesia, bahasa batak dll. namun secara umum penggunaan bahasa yang sering kita temui dikota metro ini adalah bahasa Indonesia dan bahasa jawa. mungkin hal ini di pengaruhi dari sejarah kota metro yang merupakan daerah kolonisasi pemerintah hindia belanda . dimana para kolonis yang datang ke kota metro adalah dari pulau jawa.
Dalam Sejarah Kota metro dikenal sebagai kota pedidikan. Hal ini dapat dilihat bahwa kota metro didukung dengan banyak fasiltas pendidikan. Kota metro memiliki perguruan tinggi, sekolah menengah atas, sekolah menengah pertama dan sekolah dasar yang tersebar di wilayah kota metro , dan untuk mendukung  metro sebagai kota pendidikan pemerintah daerah kota metro pada tahun 2002 membangun sebuah perpustakaan daerah yang sudah sudah dilengkapi dengan berbagai sumber pustaka, dan koneksi internet WIFI fiber optic dengan kecepatan yang tinggi.Dimetro juga terdapat tempat pariwisata yang dapat dijadikan destinasi kunjungan para wisatawan dan beberapa merupakan distinisai yang saksi sejarah kota Metro.. Seperti taman Merdeka atau dikenal juga dengan taman kota metro. Letak taman merdeka ini tepat berada dipusat kota metro Disini merupakan destinasi tujuan wisata yang paling di minati di kota metro.  Di taman merdeka merupakan salah satu tempat wisata yang murah. Kita tinggal datang ke taman merdeka tanpa dipungut biaya apapun. Ditaman ini ditumbuhi berbagai macam tumbuhan dan pohon sehingga kita dapat menikmati segarnya udara di tengah kota metro. Ditaman ini juga dijadikan sebagai tempat berbagai aktivitas penduduk metro. Seperti berolahraga, tempat bermain anak-anak bahkan sebagai tempat pertunjukan musik. Pada malam harinya pun taman kota ini tetap akan bertambah ramai. karena akan bermunculan berbagai macam pedagang kuliner dll. namun hal yang menarik adalah anak-anak anda dapat naik odong-odong, kereta kuda atau beberapa hiburan lainnya. Dan yang membuat orang tertarik menuju taman kota dan Mengenal Kembali Kota Metro. tempat ini sangat aman dan membutuhkan biaya yang tidak mahal.
Demikianlah sebagian kecil hal tentang kota metro. kami berharap para pembaca dapat memperoleh gambaran tentang kota metro. sehingga kita dapat Mengenal Kembali Kota Metro.
Terima kasih 



Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Singkat Kota Metro

SMA Negeri 1 Kota Metro

Kota Metro Sebagai Kota Pendidikan Semakin Dekat.